Selamat! 17 Mahasiswa Psikologi UMP Lulus Kampus Mengajar Angkatan 2

Pada hari Kamis, 22 Juli 2021 merupakan hari pengumuman kelulusan bagi mahasiswa yang telah mendaftarkan diri diprogram Kampus Mengajar Angkatan 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Kampus Mengajar Angkatan 2 ini setelah berhasil mengadakan Kampus Mengajar Angkatan 1, program ini dibentuk dengan dasar untuk memajukan dan menyetarakan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kali ini, kampus mengajar diikuti sekitar 36.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, hanya sekitar 22.000 diantaranya dapat dinyatakan lulus tahap akhir dalam program Kampus Mengajar Angkatan 2.

Mahasiswa yang berhasil lulus dalam program Kampus Mengajar ini lebih diarahkan untuk berkontribusi sebagai tenaga pendidik selama proses pembelajaran bagi sekolah-sekolah yang berada di wilayah 3T, yakni Terdepan, Terluar, dan Tertinggal.

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pun berhasil mengantarkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk lulus dalam program Kampus Mengajar Angkatan 2. Hal ini dibuktikan dengan sebanyak 17 mahasiswa yang berhasil lulus.

Sebelum memperoleh kelulusan, mahasiswa-mahasiswa tersebut mengikuti berbagai proses seleksi, seperti seleksi berkas administrasi, dan seleksi survei kebhinekaan. Pada seleksi berkas administrasi, mahasiswa menyiapkan berbagai berkas-berkas, seperti CV, transkrip nilai, sertifikat pengalaman mengajar ataupun surat aktif organisasi, surat rekomendasi dari dekan, surat kesehatan, dan surat pendukung lainnya.

Kemudian, selama menunggu hasil seleksi berkas administrasi, tidak lupa mahasiswa mempersiapkan diri baik fisik maupun mental, karena dari program ini mahasiswa akan mengambil tanggung jawab yang besar. Mahasiswa yang dinyatakan lulus tahap 1, akan mengikuti seleksi tahap 2 yaitu survei kebhinekaan hingga dinyatakan lulus.

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang berhasil lulus diantaranya :

1. Anastya Estu Kartika                                  10. Shofi Putri Amelia

2. Sifa Al Munadia Sumbono                         11. Herlianti Khaisya

3. Nada Ramadhana Tazkiya                          12. Riski Nuzuli

4. Mugiarti Nur Fadlilah                                 13. Damatya Azmia Putri

5. Nur Fathonah                                              14. Intan Luthpiyanti

6. Nabila Rahma Amalia                                 15. Scania Julieta Putri

7. Fadilah Sekar Setiadi                                  16. Imas Risqi Safitri

8. Shiyfa Putri Aisyah                                     17. Regita Cahyaningtyas

9. Hayyi’lana Rosyada Zahwa Diastika

Pada saat ini, mahasiswa yang berhasil lulus Kampus Mengajar Angkatan 2 sedang mengikuti pembekalan yang diadakan oleh Kemendikbud. Pembekalan ini berisi tips dan trik dalam mengajar, serta sharing pengalaman dari berbagai pengajar di wilayah 3T sebelum melakukan penugasan pada 2 Agustus 2021.

Selama pembekalan, Intan Luthpiyanti selaku mahasiswa yang berhasil lulus mengutarakan bahwa “sudah memiliki keinginan untuk melaksanakan penugasan dengan menyalurkan apa yang sudah didapat selama pembekalan, dan menjadikan Kampus Mengajar ini sebagai ladang pembelajaran psikologi pendidikan yang sesuai dengan bidang keilmuan”.

Kemudian, Intan membagikan tips untuk mahasiswa yang ingin mengikuti kampus mengajar angkatan berikutnya, yaitu dengan memiliki niat dan kesadaran akan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Bahkan, Intan berharap semoga kampus mengajar angkatan berikutnya lebih banyak mahasiswa psikologi yang dapat lulus, karena banyak sekali manfaat dari keikutsertaan program ini.

Pada kesempatan lain, Shofi Putri Amelia mengutarakan harapannya bahwa“harapan dengan mengikuti kampus mengajar ini dapat menjadikan wadah sebagai upgrade diri dalam menebar manfaat sekitar dengan kondisi yang tidak stabil seperti saat ini”. Ujar mahasiswa angkatan 2019 yang berhasil lulus saat ditemui Tim WCW pada Minggu (25/7).

Selamat kepada 17 mahasiswa psikologi yang berhasil lulus program Kampus Mengajar Angkatan 2. Selamat mengabdi, dan semangat untuk berbakti kepada negeri.

Salam web content writer~

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.