Ibnu Muharom, Mahasiswa Asal Cilacap Raih Juara 3 Perlombaan Orasi

Selamat kepada Ibnu Muharom, mahasiswa program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang telah memperoleh juara 3 dalam perlombaan orasi lingkungan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Riau.

Perlombaan orasi ini diselenggarakan pada tanggal 4 Juni 2021, yang dilaksanakan secara online dengan mengusung tema “Orasi Lingkungan”. Sehingga, mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dapat berpartisipasi untuk mengikuti perlombaan tersebut. Sehingga, perlombaan orasi kali ini diikuti oleh sekitar 40 mahasiswa, dan setiap pesertanya wajib mengirimkan video mengenai orasi mereka.

Pada perlombaan ini, Ibnu membawakan sebuah orasi dengan judul “Peran Pemuda Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup” yang dibuat dalam video berdurasi 2:50 menit. Terlebih, Ibnu Muharom merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi UMP semester 4 yang berasal dari Kabupaten Cilacap ini sempat tidak percaya, dan tidak menyangka dapat memenangkan perlombaan tersebut.

Walaupun begitu, video orasinya berhasil menarik perhatian dan penilaian yang baik dari berbagai juri. Sehingga, dapat terpilih menjadi pemenang dan mendapatkan juara 3 pada perlombaan orasi Universitas Muhammadiyah Riau.

Kemudian, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh tim WCW Psikologi, Ibnu menuturkan bahwa ”Awalnya saya tidak percaya dan tidak menyangka mendapatkan juara 3 karena banyak sekali kendala yang saya alami dari mulai, informasi yang diberikan dari kampus untuk mengikuti perlombaan ini sangat mendadak, dimana posisi saya dirumah dan diharuskan berangkat ke kampus karena terkendala oleh sinyal dan ditambah saat perjalanan menuju kampus saya harus berhenti terlebih dahulu untuk mengikuti kuliah dan mengerjakan quis”.

Terkait persiapan apa saja yang dilakukan untuk mengikuti perlombaan ini, Ibnu menyampaikan bahwa “saya cukup percaya diri untuk mengikuti perlombaan ini dan saya juga belajar bagaimana agar bisa mengelolah perkataan didepan kamera karena ini merupakan perlombaan nasional, dan sebisa mungkin saya harus bisa memperkecil salah kata atau perkataan yang mengganguh, menjiwai, dapat mengontrol emosi saya”.

Ibnu juga berpesan “saat pandemi bukan menjadi penghalang untuk kita bisa berproses karena kita harus mampu berprestasi, bersaing walaupun dilakukan secara virtual dan kita dapat mengatur waktu selama pandemik untuk mencari kegiatan yang positif”.

Nah, bagaimana psifams menarik bukan prestasi mahasiswa Psikologi UMP?

Meskipun pandemi ini belum usai, jangan sampai memudarkan semangat kuliah kita yah. Yuk kita cari kegiatan yang mendukung dan bermanfaat.

Salam web content writer~

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.