International Webinar: Psychology in Individual and Community Empowerment to Build New Normal Life

Pada tanggal 12 Juni 2021. Fakultas Psikologi Universitas Muhammdiyah Purwokerto mengadakan acara seminar internasional bertajuk “Psychology in Individual and Community Empowerment to Build New Normal Life”. Acara ini merupakan acara seminar internasional yang rutin diadakan setiap setahun sekali sejak tahun 2017.

Selain itu, acara ini juga melibatkan narasumber dari berbagai negara, diantaranya Malaysia, Jepang, dan Polandia. Bahkan, terbentuknya acara ini juga dengan tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta menambah wawasan mengenai isu-isu yang berkaitan dengan keilmuan psikologi pada saat ini. Dan juga sebagai ajang untuk mempresentasikan berbagai hasil karya penelitian.

Dr. Jebul Suroso, S.Kp., Ns., M.Kep, selaku rektor di Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberikan kata sambutan, dan sekaligus membuka acara seminar internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UMP. Bahkan, beliau juga memberikan apresiasi terhadap berlangsungnya acara tersebut.

Pada seminar internasional kali ini, dihadari oleh berbagai pembicara yang sangat menarik dan berkompeten dibidangnya masih-masing. Pada awal acara terlebih dahulu dibuka oleh Prof. Dr. Seger Handoyo, Psikolog sebagai Ketua Umum Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) sekaligus dosen Universitas Airlangga. Pada kesempatan kali ini, Seger menyampaikan tentang “Leadership Perspective Closing Statement: Real Actions That Can Be Taken from a Leadership Perspective to Answer New Challenges in the New Normal Era, Especially in Psychological Institutions in Indonesia”. Kemudian, disambung oleh para narasumber dengan membawakan topiknya masing-masing.

Speaker pertama disampaikan oleh Dr. Rr. Setyawati, S.Psi., M.Si., membawakan topik seputar “Clinical Psychology Perspective”. Kemudian, materi dilanjutkan oleh Prof. Dr. Shukran Abd Rahman dari Faculty of Psychology International Islamic University Malaysia yang membawakan topik mengenai “Organizational/Human Development Perspective”. Selanjutnya, sebagai speaker ketiga dalam acara ini Prof. Tokie Anme dari Jepang menyampaikan topik tentang “Child Developmental Psychology Perspective”. Terakhir, sebagai speaker keempat yang berasal dari Faculty of Psychology University of Economics and Human Sciences in Warsaw Polandia, Charles-Etienne Benoit, menyampaikan topik seputar “Applied Psychology-Rhythm-based Digital Solutions for Health”.

Acara seminar internasional kali ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 yang diisi oleh narasumber dari berbagai negara. Sementara sesi kedua dilanjutkan oleh presentasi hasil penelitian dari peneliti-peneliti berbagai universitasi dalam dan luar negeri. Terdapat dua negara yang terlibat dalam presentasi penelitian di acara seminar internasional kali ini, yaitu dari Indonesia, Cina dan Malaysia.

Meskipun diadakan secara online, hal tersebut tidak menurunkan antusiasme para partisipan dalam mengikuti acara ini. Terbukti dengan 400 lebih partisipan yang terlibat dalam sesi pertama dan 79 peneliti yang turut dalam presentasi penelitian di sesi kedua. Harapannya, di tahun depan acara seminar internasional dapat diadakan secara offline agar lebih banyak lagi peserta yang bisa terlibat. Sekaligus dapat memperluas relasi dan terciptanya berbagai kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya psikologi.

Salam web content writer~

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.