Mari Mengenal : Biro Layanan Psikologi UMP

Biro Layanan Psikologi UMP

Halo Psifams! Kalian sudah tahu belum jika Fakultas Psikologi UMP punya biro psikologi? Biro psikologi yang berlokasi di basement gedung J ini memiliki pelayanan dibidang pendidikan, psikologi industri dan organisasi, klinis, perkembangan dan keluarga/perkawinan.

Biro psikologi membuka layanan 5 hari kerja yaitu Senin – Kamis pukul 07.30 WIB – 14.00 WIB. Pada prosedur pelayanan biro, klien dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu via whatsApp yang nantinya akan dimintai data diri dan gambaran permasalahan yang dialami klien untuk disampaikan pada konselor. Setelah itu, klien dapat atur jadwal temu dengan konselor.

Kak Santi menuturkan bahwa pelayanan di masa pandemi  ini biro tetap membuka pelayanan secara offline misalnya pada pelayanan psikotest yang tetap memperhatikan prosedur kesehatan seperti mengutamakan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) serta diwajibkan menggunakan face shield dan sarung tangan serta untuk psikotest besar diwajibkan rapid test terlebih dahulu. Biro juga memfalitasi dengan menyediakan handsinitizer dan menyemprot ruangan sebelum dan sesudah digunakan. Namun, untuk pelayanan konsultasi biro juga membuka layanan secara online untuk mengurangi pertemuan tatap muka.

Biro Psikologi UMP dapat menangani berbagai bidang misalnya pada psikologi industri dan organisasi yang umumnya berkaitan dengan seleksi calon pegawai, pelayanan potensial review kerja, promosi, pelatihan dan outbond. Bahkan sudah bekerjasama dengan PT Mercifama, Lab. Cito, kedinasan, BKD Banjarnegara dan melakukan tes seperangkat desa di Piasa Kulon dan Plana Kabupaten Somagede. Selain itu, sudah bekerjasama dengan  perbankan diantaranya BKK Cilacap dalam proses rekrutmen

Untuk bidang klinis, biro hanya membuka layanan konsultasi dan pada bidang perkembangan untuk mendeteksi dini saja.  Pada bidang pendidikan, biro membuka layanan untuk kesiapan sekolah, test IQ, bakat minat dan sudah mendapat kepercayaan dari SD AL Irsyad, SD Kranji, TK Khalifah, dll. Kemudian kasus dan permasalahan yang sering muncul pada kasus di bidang psikologi pendidikan.

Pada penyelesaian kasus, biro psikologi sangat memperhatikan kebutuhan klien, psikolog yang di rekomendasikan biro juga memiliki keahlian pada bidang tertentu untuk membantu klien memecahkan masalah. Biro psikologi UMP tidak hanya menyediakan fasilitas konseling, kelebihan lain yang dimiliki biro yaitu kelengkapam alat tes psikologi bagi anak-anak hingga dewasa, seperti penjurusan, tes inteligensi, bakat minat hingga perekrutan karyawan. Semua hal yang dibutuhkan klien, tersedia di Biro Psikologi.

Kemudian, pada wawancara yang kami lakukan kepada Fatin Rohmah, S.Psi., M.Psi., Psikolog  selaku psikolog bidang pendidikan dan dosen fakultas Psikologi UMP beliau menuturkan bahwa untuk kasus pendidikan yang sering ditangani yaitu penerimaan mahasiswa baru, penjurusan, kesiapan masuk sekolah dasar dan tes inteligensi. Prosedur konseling yang pertama yaitu asesmen. Pada asesmen pendidikan cenderung menggunakan alat tes untuk mengetahui IQ anak dilanjutkan dengan wawancara dengan orang tua untuk mendapatkan data lebih dalam.

Psikolog Fatin juga menambahkan apabila layanan psikologi tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang memiliki gangguan mental. Kenyataan, setiap orang memiliki masalah yang berdampak pada psikis tergantung seberapa baik individu tersebut menyelesaikan problematika pada dirinya, hal ini yang umumnya kurang disadari oleh klien sehingga biro psikologi menjadi salah satu wadah untuk memfalitasi orang – orang yang membutuhkan bantuan penyelesaian dan menjalani kehidupannya kembali.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Biro Psikologi UMP, psifams dapat  menguhubungi nomor 081299010391 atau menghubungi admin biro 085747933142 (Santi)  dan melalui akun instagram @birolayananpsikologi_ump.

[kia&rere]

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.