TETAP SEMANGAT BERSAMA PSIKOSOSIAL

Logo Komunitas Psikososial

     Bersamaan dengan  meluasnya dampak pandemi covid-19 di beberapa wilayah dan agenda akhir semester genap bagi para mahasiswa yang “pasti” terhalang. Kegiatan organisasi lainnya yang tersendat dan tak sabar menunggu berakhirnya pandemi covid-19 serta berhentinya aktivitas kampus yang menyenangkan, tampaknya tidak menyurutkan semangat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto khususnya mahasiswa Fakultas psikologi dalam melaksanakan kegiatan sosial dan kerelawanan. Salah satunya komunitas yang bermarkas di Fakultas psikologi, Komunitas Psikososial.

Komunitas Psikososial Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan komunitas yang berada di bawah naungan Departemen Dalam Negeri BEM Fakultas Psikologi UMP yang dibentuk dengan tujuan memberikan pendampingan kepada korban bencana alam maupun non bencana alam untuk mencegah serta mengurangi efek stres pasca trauma saat terjadinya bencana. Dan sepak terjang tim relawan Psikososial Universitas Muhammadiyah Purwokerto tidak bisa dilihat sebelah mata. Psikososial Fakultas Psikologi  telah  banyak terlibat dalam pengiriman tim anggota kerelawanan di beberapa wilayah, seperti bertugas di Banjarnegara, Kalibening, Lombok, Palu, dan Lampung. Anggota yang tergabung dalam komunitas psikososial saat ini sebanyak 62 mahasiswi, angka ini cukup menunjukan minat mahasiswa Psikologi tentang kebencanaan kerelawanan yang besar, mengingat psikososial tidak luput dari ilmu psikologi yang diimplementasikan secara real di lapangan.

Berdasarkan hasil wawancara via online pada hari selasa tanggal 3 Juni 2020 dengan Ketua Psikososial yaitu Ka Nuzulul Hidayah mengenai kegiatan atau agenda komunitas, saat ini memiliki beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk sumbang asih mahasiswa psikologi saat pandemi covid-19 misalnya, kegiatan  mengajak mahasiswa psikologi bergabung dan ikut terlibat menjadi relawan psikososial dan memberikan training pembekalan relawan selama 3 hari dengan pelatihan Implementasi PFA (Psychological First Aid) untuk survivor Covid-19.

       Mahasiswa yang tergabung dalam PFA juga bertugas melakukan pelayanan kepada masyarakat agar tidak panik saat menghadapi virus Covid-19. Pelayanan tersebut dilakukan melalui via telepon dengan hastag #curhatdarirumah. Pelayanan #curhatdarirumah merupakan Program dukungan psikososial kepada Poskor PDB (Penanganan Darurat Bencana) Covid-19 PWM (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) Jawa Tengah yang didampingi oleh Dosen Psikologi UMP sekaligus Pembina Komunitas Psikososial Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo, M.Si. Mahasiswa Psikologi yang tergabung dalam Poskor PDB Covid-19 PWM Jateng terdiri dari empat mahasiswa yang tergabung dalam tim asesmen yaitu Ayu Rizqy Ramadhani, Anisa Fadillah Qalam, Hanandita Belva Fauzi, dan Nuzulul Hidayah dan dua di antaranya masuk pada tim konten promosi yaitu Prima Dhea Fredlina dan Asa Sevriana

      Melalui informasi dari Ka Nuzulul, Psikososial masih terus berkomitmen untuk melanjutkan Program pelayanan seperti hastag #curhatdirumah untuk menampung merespon dan memberi layanan kepada masyarakat saat pandemi Covid-19 saat ini. Adapun rencana agenda yang dilakukan kedepannya adalah web seminar bagi masyarakat seputar isu hangat yang menjadi polemik, dan Psikososial diharapkan dapat membantu mengedukasi terkait isu tersebut.

     Bagaimana Psifams ada yang tertarik dan menyukai kegiatan sosial, bisa bergabung dan turut andil menjadi bagian dari komunitas Psikososial dan berproses bersama. Dari banyaknya pengalaman yang kita dapat pada kerelawanan akan memperkaya pengetahuan kita mengenai ilmu psikologi lebih dalam dan mengetahui terapannya, bermanfaat sekali ya. Ayo jadi bagian dari relawan fakultas, Psikologi bravo.

[kia & puput]

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.