Hikmah Corona Di Bulan Ramadan

Ramadan..
Kalian tau ngga sih apa yang dimaksud dengan ramadan?..

Iya benar sekali, ramadan adalah bulan suci yang penuh dengan kemulian,keberkahan bahkan bulan yang lebih istimewa dari bulan lainnya. Bahkan di dalam Al-qur’an Allah swt berfirman:

“bulan ramadan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil), karena itu, barang siapa diantara kamu ada didalam itu maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur”. (QS. Al-Baqarah.185).

Bagi umat islam ramadan ini ialah bulan yang sangat di tunggu-tunggu kedatangan nya, karena pada bulan inilah pintu surga di buka selebar-lebarnya dan pintu neraka di tutup serapat-rapatnya. Kemudian pada bulan ini setiap amal perbuatan yang baik akan dilipat gandakan oleh Allah swt. Oleh karena itu sangat disayangkan sekali jika kita tidak meningkatkan kualitas dan kuantintas ibadah kita ke Allah swt.

Namun, sangat disayangkan sekali ramadan tahun ini sungguh berbeda dengan ramadan pada tahun sebelumnya. Pada tahun ini kita menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadan dalam keadaan melawan pandemi virus global yaitu Covid-19 atau sering kita sebut juga dengan Corona.

Sudah banyak kebijakan dari pemerintah yang dianjurkan untuk di berlakukan seperti pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan larangan untuk mudik kembali ke kampung halaman masing-masing. Hal ini dilakukan guna untuk mengurangi penyebaran virus corona yang tiap hari kian bertambah banyak.

Adanya pandemi corona ini, mengajarkan kita apa itu arti kebersamaan serta arti dari meluangkan sedikit saja waktu kepada orang tersayang terutama keluarga kita sendiri. Biasanya perasaan gembira dan senang yang menyelimuti tetapi saat ini berubah menjadi perasaaan sedih dan rindu yang amat dalam kepada keluarga.

Mungkin ini adalah rasa yang cukup berat untuk di rasakan bagi orang-orang yang tidak bisa mudik pada tahun ini, mereka harus tetap bertahan hidup dan berjuang diperantauan, mereka rindu untuk saling silaturahmi dengan keluarga, serta mereka rindu untuk berjabat tangan bahkan mereka rindu untuk sekedar berpelukan hangat dengan keluarganya. Namun, apalah daya akibat adanya pandemi ini mereka harus mematuhi peraturan dari pemerintah untuk tidak mudik ke kampung halaman.

Namun, kita sebagai manusia harus tetap sabar dan tabah dalam melewati pandemi ini. Tuhan memberikan cobaan ini pasti ada maksud serta tujuan nya sendiri dan tergantung bagaimana cara kita menyikapinya, dan yakinlah bahwa semua akan kembali normal seperti sediakala.

Pada saat ramadan tahun ini di tengah pandemi virus corona banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil seperti: seorang ayah yang kerja diluar sekarang dapat bekerja di rumah saja sehingga dapat memunculkan rasa kebersamaan antar keluarga, anak laki-laki dapat belajar menjadi imam yang baik pada saat sholat di rumah dengan keluarganya, saat ini sudah sedikit orang-orang yang bermain petasan sehingga dapat menambah kekhusyukan dalam beribadah, kemudian ada banyak nya waktu yang dapat kita gunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt dan masih banyak lagi lainnya.

Ramadan tahun ini juga mengajarkan kita untuk tetap selalu berbagi kepada sesama ke orang yang membutuhkan, apalagi pada saat ini banyak sekali karyawan perusahaan yang di-PHK, driver ojek online yang sepi langganan, bahkan pedagang kaki lima yang sepi dari pembeli sehingga membuat mereka bingung untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari apalagi yang sudah menjadi kepala kelurga.

Maka dari itu, ramadan ini menjadi momentum untuk kita dalam meningkatkan iman dan ketakwaan kita dalam beribadah kepada Allah swt, supaya kita senantiasa diberikan perlindungan dari virus ini dan dilapangkan serta dipermudah rezeki agar kita bisa saling tetap berbagi.

Nikmati ramadan kali ini dengan banyak hikmah, tahun ini memang berbeda tapi semoga bisa menambah makna.

Ngga mudik bukan berarti ngga sayang keluargakan…

#dirumahsaja

#ramadanpenuhberkah

[rubrik inspirasi_putra]

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.