Workshop Kurikulum Psikologi

Workshop Psikologi dengan tema “Mengintegrasikan Psikolgi Islam dalam Pembelajaran dan Penelitian” yang menghadirkan Dr. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si. (Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII Yogyakarta)

Dr. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si. selaku pemateri bersama Ibu Dyah Astorini W., S.Psi., M.Si. yang Memoderatori Workshop Kurikulum Psikologi di UMP (2/3/19)

Dr. Fuad menjelaskan bahwa integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran psikologi diperlukan pada proses mencetak lulusan psikologi dengan ciri khas Universitas Muhammadiyah yang berbasis keislaman. Sehingga workshop kurikulum yang diadakan Minggu, 2 Maret 2019 mencoba membahas pembuatan RPS (Rancangan Perkuliahan Semester) yang memasukkan nilai-nilai keislaman pada setiap pertemuan mata kuliah.

Antusiasme dari audiens dalam acara ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul sehingga berlangsung dialog yang menarik. Kembali Dr. Fuad mendorong para akademisi untuk terpacu mengembangkan keilmuan psikologi berbasis Islam tidak hanya pada pengajaran tetapi juga penelitian, beliau menyampaikan:

Minimal berusaha untuk mencoba memasukkan nilai keislaman dalam setiap materi yang disampaikan, tidak hanya sampai di situ upayakan riset-riset penelitian pun diarahkan pada pengembangan keilmuan psikologi dari perspektif Islam.”

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.