Aplikasi Tim Relawan Psikososial UMP pada Bencana Kali Bening dan Lombok

Menjadi Relawan Psikososial di Kalibening

 (05/18) Mahasiswa/i Fakultas Psikologi UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) membentuk kembali tim relawan psikologi yang sempat vakum. Tim Relawan Psikologi UMP akhirnya kembali aktif lagi dalam ranah kebencanaan yaitu di Gempa Bumi Kalibening, Banjarnegara. Total mahasiswa yang menjadi relawan di Kalibening sekitar 22 orang dalam masa tugas satu bulan. Sistem pemberangkatan relawan pun dibagi menjadi 4 kloter bergantian. Kami menjadi tim psikososial dibawah naungan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) dan diberikan bimbingan oleh Pak Ugung serta Pak Faisal. Tim psikososial Fakultas Psikologi UMP bekerja sama dengan team psikososial UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) dan UNISA (Universitas ‘Aisyiah) Yogyakarta yang berfokus kepada penanganan anak-anak dan dewasa. Kegiatan yang dilakukan seperti building report, asessment dan intervensi. Untuk assessment menggunakan skala IESC dan intervensi yang diberikan kepada dewasa serta lansia seperti konseling individu dan kelompok, gendu-gendu rasa, nonton bersama film Sang Surya sebagai bentuk syiar Muhammadiyah dan senam. Sedangkan untuk anak-anak yaitu sekolah ceria, senam, outbound, mengaji dan lomba mewarnai. Tim psikososial UMP mendampingi para penyintas di Kalibening hingga mereka ke masa transisi.

Relawan di Lombok  

(08/08/18) Tim psikososial dari Fakultas Psikologi UMP yang berjumlah 8 orang kembali mendapatkan tugas menjadi relawan psikososial untuk berangkat menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang sebelumnya dilepas terlebih dahulu oleh Dr. Syamsyu Hadi Irsyad selaku Rektor UMP. Relawan Psikososial berangkat dengan surat tugas yang diberikan langsung oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah kepada Rektor UMP untuk masa tugas selama 14 hari.

(09/08/18) Tim psikososial berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Yogyakarta menuju Bandara Internasional Lombok dengan berbagai persiapan yang sudah matang termasuk job description yang akan  dilakukan dalam 14 hari kedepan. Kemudian esoknya Tim Relawan Psikososial dari Fakultas Psikologi bersama dengan MDMC DIY dibagi menjadi 3 penempatan di wilayah Lombok Utara yaitu Gangga, Lading dan Kayangan. Tugas-tugas yang dilakukan oleh tim psikososial selama bertugas tidak terlalu beda dengan yang dilakukan saat di Kalibening yaitu building report, assessment dan intervensi. Untuk assessment, tim psikososial UMP menggunakan IESC dan SRQ (Self Rating Questioner) karena bekerja sama pula dengan Psikolog dark Bank Indonesia. Jenis kegiatan intervensi yang dilakukan oleh tim psikososial seperti mengadakan sekolah ceria, sekolah darurat, taman pendidikan Qur’an, outbound, permainan edukatif, olahraga, lomba memperingati kemerdekaan Indonesia dan upacara kemerdekaan Indonesia untuk anak-anak, sedangkan untuk dewasa dan lansia yaitu senam, pengajian, konseling, dan terapi.

Sharing Pengalaman Menjadi Relawan Kebencanaan

Tim Relawan Psikososial UMP Belajar dan Berbagi Pengalaman dalam Mengaplikasikan Psychosocial Emergency Respond pada Bencana Kali Bening dan Lombok

Selain menjadi tim psikososial saat bencana alam, tim relawan psikologi UMP juga aktif dalam kegiatan sharing pengalaman mengenai kebencanaan. Pada hari Rabu, 10 Oktober 2018 Ayu Rizqy Ramadhani, Hanandita Belva Fauzi, Dian Safitrikristianti, Prima Dhea Fredlina, dan Anisa Fadillah Qalami diundang menjadi pemateri dalam diskusi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang mengangkat materi tentang “Kebencanaan & Penjarahan.” Dalam diskusi tersebut tim relawan psikologi UMP mengupas tuntas tentang kebencanaan dan penjarahan yang terjadi di Lombok dan Sulawesi Tengah dalam perspektif psikologi dan sharing mengenai cara kerja psikososial dalam ranah kebencanaan. Selain membahas kebencanaan dan penjarahan dalam perspektif psikologi, tim psikososial pun bertukar pikiran dengan HMI Unsoed dalam perspektif sosial dan hukum karena latabelakang anggota diskusi tersebut berasal dari FISIP Unsoed.    (14/10/2018) Ayu Rizqy Ramadhani dan Anisa Fadillah Qalami bersama Pak Ugung kembali lagi menghadiri acara Pelatihan Kesiapsiagaan Relawan Bencana Alam untuk sharing pengalaman bagaimana cara kerja psikososial dalam ranah bencana alam kepada Ibu-ibu ‘Aisiyah di Masjid 17 Purwokerto. Selain itu, tim relawan psikososial psikologi UMP bekerja sama dengan BEM Universitas dan BEM Fakultas Psikologi berperan pula dalam menggalang dana untuk korban bencana alam diberbagai daerah yang nantinya akan disalurkan melalui LazizMu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.