Sistem Penjaringan Mahasiswa

Sistem Penjaringan Mahasiswa

Seleksi penerimaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto dikelola secara rutin setiap tahunnya oleh kepanitiaan yang ditugaskan oleh Rektor. Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto secara garis besar bertugas melayani pendaftaran calon mahasiswa baru, mengadakan tes ujian masuk dan menyeleksi yang lulus ujian. Dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut, Biro PMB – UMP selalu berkomunikasi dengan program studi yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto termasuk Program Studi Psikologi . Sistem seleksi dirancang dan dilaksanakan oleh Biro PMB – UMP, tetapi syarat-syarat dan kualitas calon mahasiswa yang dapat diterima di Program Studi Psikologi wewenang Program Studi Psikologi. Dalam hal ini program studi Psikologi memberikan syarat-syarat dan kriteria kualitas calon mahasiswa yang dapat diterima kepada tim PMB – UMP untuk dijabarkan secara teknis dilapangan. Sistem penerimaan mahasiswa baru yang ditangani oleh PPMB menggunakan sistem ODS (One Day Service) atau pelayanan dalam satu hari, yaitu pada saat melakukan pendaftaran calon mahasiswa dapat mengikuti test pada hari itu juga 

 

Jalur pendaftaran calon mahasiswa baru yang diselenggarakan terdiri dari jalur Reguler (dengan tes) dan jalur Minat dan Prestasi (tanpa tes). Pendaftar jalur reguler harus mengikuti Computer Based Test (CBT) yang hasilnya dapat langsung diketahui di website ww.bpmb.ump.ac.id setelah calon mahasiswa selesai mengerjakan soal soal tes tersebut. Sedangkan kriteria siswa yang dapat diterima melalui jalur minat dan prestasi akademik adalah siswa yang memiliki nilai rata-rata rapor lebih dari 7,0 (skala penilaian 1-10).

Kriteria siswa yang dapat diterima melalui jalur minat dan prestasi non akademik adalah siswa yang memiliki prestasi olah raga, seni dan budaya, serta penalaran/karya ilmiah minimal peringkat tiga tingkat propinsi. Kriteria penerimaan selanjutnya adalah peringkat peminat, kuota tiap program studi, dan kesesuaian jurusan dengan program studi yang dipilih. Input mahasiswa yang berkualitas merupakan salah satu faktor penting bagi program studi psikologi untuk meningkatkan daya saingnya. Setiap tahun program studi psikologi melakukan publikasi langsung ke sekolah-sekolah di wilayah Masbarlingcakeb (Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap dan Kebumen) dengan cara mengirimkan leaflet dan kalender, melakukan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan dan seminar ke sekolah, dan menjalin kerjasama dengan guru di sekolah-sekolah. Publikasi ini dilaksanakan bekerja sama dengan BEM Fakultas Psikologi dalam program Psychology goes to School. Publikasi lain yang 17 digunakan oleh program studi psikologi adalah dengan mengembangkan website www.ump.ac.id. dengan tujuan untuk menjangkau calon mahasiswa secara lebih luas.

Read more...
Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.