Sejarah

Fakultas Psikologi yang merupakan bagian dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengemban misi  akademik dan da'wah. Dalam kiprah dan dinamikanya Fakultas Psikologi  harus tetap konsisten pada pertumbuhan, perubahan dan pembaharuan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Pertumbuhan, perubahan dan pembaharuan mempunyai dua makna sekaligus, yakni makna material dan spiritual. Kehidupan yang bermakna material dan spiritual tidak bisa terlepas dari  perkembangan IPTEK, sehingga  Fakultas Psikologi ikut memikul tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK yang dilandasi akhlak mulia untuk mewujudkan kesejahteraan manusia.

Sejalan dengan arahan kebijakan pendidikan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan keterkaitan dan kesepadanan antara pendidikan dan perkembangan pembangunan, Fakultas Psikologi perlu mengadakan perubahan dalam pendekatan perencanaan agar lebih mampu memberikan sumbangan dan peranannya sebagai lembaga pendidikan dan keilmuan yang bernafaskan Islam.

Melalui berbagai program pengembangan, Fakultas Psikologi yang  berdiri sejak tahun 1998, telah mencapai berbagai ragam hasil yang bermakna material dan spiritual.  Hasil-hasil yang bermakna material diukur bardasarkan ukuran kuantitatif dan kualitatif.  Hasil yang bermakna spiritual diukur berdasarkan kadar keimanan dan ketaqwaan.  Hasil-hasil tersebut dapat dicapai dengan berbagai tantangan dan dapat dijadikan modal pengembangan selanjutnya.  Diakui bahwa dalam pengembangan yang akan datang tantangan-tantangan akan lebih besar baik bersifat nasional maupun global.  Oleh karenanya, Fakultas Psikologi  harus lebih mampu mengembangkan perencanaan yang lebih tepat dengan memanfaatkan peluang yang ada agar dapat menjawab isu-isu strategis yang akan dihadapinya

Renstra Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2011 – 2015 mengisyaratkan adanya penekanan pada efisiensi dan efektivitas dari semua satuan kerja Universitas. Hasil analisa dikembangkan menjadi berbagai Sasaran Strategis yang kemudian dilakukan perangkuman dengan mengacu kepada Visi dan khususnya Misi, sehingga menjadi 6 sasaran, yaitu:

  1. Terwujudnya Nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan
  2. Terwujudnya Mahasiswa dan Alumni yang memiliki keunggulan kompetitif dankomparatif serta profesional
  3. Terwujudnya sistem akademik yang teringrasi sesuai dengan kebutuhan stake holder dan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah
  4. Tersedianya  sumberdaya yang berkualitas sesuai standar minimal  
  5. Terwujudnya kerjasama tingkat nasional dan internasional
  6. Terwujudnya tata kelola  organisasi yang sesuai dengan prinsip  Good University Governance.

Sejalan dengan Renstra Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dalam arahan ke depan pengembangan pendidikan tinggi di lingkungan  fakultas Psikologi yang mendasarkan kepada visi; “Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berorientasi pada pemberdayaan indvidu  dan masyarakat dengan mengendepankan nilai-nilai Islami”.

Disamping itu pengembangan didasarkan pula pada paradigma penataan sistem pendidikan tinggi yang meliputi  otonomi, akuntabilitas, kualitas, akreditasi, dan evaluasi.  Dalam menyelenggarakan pendidikan Fakultas Psikologi memberikan kesempatan bagi perkembangan kebutuhan dan tuntutan masyarakat khususnya umat Islam dalam berbagai bidang studi. Oleh karenanya Fakultas Psikologi perlu menyelenggarakan pendidikan yang tepat guna dan berhasil guna baik untuk masa kini maupun masa depan. Rencana pengembangan tahun 2012-2016 ini merupakan acuan untuk merancang  rencana operasional.

Memenuhi strategi pengembangan tahun 2012-2016 ini, Fakultas Psikologi diharapkan lebih dapat merealisasikan cita-cita, yaitu menjadi suatu lembaga pendidikan tinggi dan pusat keilmuan yang maju dan mampu menjawab isu-isu global. Sedangkan lulusan Fakultas Psikologi memiliki kepribadian Islam yang berakhlak mulia, mempunyai semangat beribadah dan partisipasi dalam pembangunan nasional, mempunyai sikap mandiri, terbuka dan tanggap terhadap perubahan zaman.

Rencana pengembangan FAKULTAS PSIKOLOGI tahun 2012-2016 ini merupakan pegangan dalam mendukung otonomi pelaksanaan pembangunan yang dijabarkan dalam wawasan, visi, misi, tujuan dan strategi untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam kurun waktu 20 tahun yang akan datang dalam berbagai bidang. 

Rencana pengembangan 2012-2016 ini sebagai pedoman bagi semua warga FAKULTAS PSIKOLOGI dalam mencapai visi  Fakultas, dan Program Studi, yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam program-program spesifik yang akan ditempuh setiap tahunnya.

Read more...
About the Author
Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.