Kemeriahan BEM Psikologi UMP dalam Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan sebuah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2021. Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun ini, mengusung tema bertajuk “The Power of Psychology to Fight Unequal Life”.

Pada perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2021 ini, rupanya bukan hanya Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto saja yang merayakannya. Namun, mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Muda (BEM) juga ikut meramaikan peringatan hari kesehatan mental sedunia sebagai kegiatan rutin dari tahun ke tahun.

Antusiasme presiden dan anggota BEM Fakultas Psikologi saat menyelenggarakan acara ini tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa fakultas, melainkan juga dengan lingkup yang lebih luas seperti masyarakat umum agar tetap menyadari, dan bisa menyuarakan pendapatnya terkait isu kesehatan mental yang sedang mendunia akhir-akhir ini.

Menurut Catur mahasiswa semester 7 selaku Presiden BEM Fakultas Psikologi, acara yang diadakan ini merupakan program kerja dari kementerian dalam negeri dan ada beberapa agenda offline yang dilaksanakan demi kemeriahan acara. Di antaranya yaitu orasi, pembagian stiker dan pamflet yang berlokasi di GOR Satria Purwokerto pada tanggal 10 Oktober 2021. Tentunya, pelaksanaan acara ini tetap dengan menjaga protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, Komunitas Psikososial Fakultas Psikologi juga menyelenggarakan rangkaian webinar yang diadakan pada tanggal 11 – 15 Oktober 2021 melalui platform zoom. Apalagi, acara inidiikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat umum. Pada webinar pertama komunitas mengusung tema “Self Healing untuk Stres” dengan menghadirkan pembicara Rizki Nuansa Hadyan, MM., Psikolog.

Pada hari kedua, webinar ini ditujukan untuk masyarakat umum khususnya para orang tua yang memiliki anak dengan usia awal, sehingga webinar hari kedua mengangkat tema “Yuk, Setting Gadget Anak Sehat Berinternet”. Kesempatan webinar ini diisi langsung oleh pembina Komunitas Psikososial yaitu Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo M.Si., Psikolog.

Kemudian, untuk hari ketiga komunitas mengangkat tema kesehatan fisik yang sedang hype di kalangan masyarakat yaitu After Vaccine, What Next?”, dengan menghadirkan pembicara dr. Hasan Bayuni yang merupakan seorang direktur PKU Muhammadiyah Kutowinangun dan Sruweng. Selanjutnya, webinar terakhir memiliki tujuan untuk mengenalkan alat ukur Sikevid yaitu dalam pendeteksian kecemasan yang dibawakan oleh seorang psikolog bernama Ratna Yunita Setiyani S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Tujuan dari diadakannya acara ini ialah untuk memperingati hari kesehatan mental sedunia yang diadakan oleh civitas Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yang pada intinya mereka sebagai perwakilan mahasiswa ingin mengingatkan dan mengajak masyarakat luas akan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Sehingga, masyarakat dapat mengetahui dan lebih memahami tentang kesehatan mental serta bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental yang baik. Kita perlu tahu bahwa rupanya sehat secara fisik saja tidak cukup, melainkan kita juga harus sehat mental agar bisa mencapai kehidupan yang bahagia. Apalagi, perlu diingat bahwa terdapat perbedaan signifikan antara penyakit fisik dan mental yaitu bahwa sakit fisik bisa kita lihat secara kasat mata, sedangkan sakit mental tidak bisa kita lihat dan hanya kita yang bisa merasakannya.

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia. The Power of Psychology to Fight Unequal Life!

Salam Web Content Writer~

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.