Febyarna Pasca Mayang Sety, Mahasiswa Terpilih Untuk Mengikuti Program ICT 2021

Febyarna Pasca Mayang Sety merupakan mahasiswa program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang mengikuti suatu program bernama International Credit Transfer (ICT). ICT merupakan proses pengakuan terhadap beban studi dan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang diperoleh oleh mahasiswa dari perguruan tinggi mitra di luar negeri (host university).

Pada saat ditemui oleh tim WCW untuk menanyakan tentang tujuan dari program ini, Febyarna menambahkan “Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan mahasiswa di luar negeri, perluasan dan penguatan jejaring, pemahaman sosial budaya dan internasionalisasi sistem pendidikan tinggi di indonesia, dan pengembangan diri yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap daya saing mahasiswa ditingkat internasional abad 21”.

         Proses pembelajaran program ICT ini sudah dimulai dari hari Senin, 18 oktober 2021. Apalagi untuk proses seleksi, pendaftaran, dan sampai tahap penerimaan sudah dimulai dari  pertengahan bulan Juli sampai dengan bulan Oktober awal tahun 2021. Proses pembelajaran program ini sendiri dilakukan secara online, karena mengingat pandemi virus covid-19 ini yang belum mereda secara sempurna. “Dari awal program ini itu emang untuk virtual student exchange, jadi pembelajarannya dilakukan secara online” Ungkap Febyarna saat diwawancarai oleh tim WCW.

           Febyarna juga bercerita bagaimana proses dari awal sampai dia bisa terpilih untuk mengikuti program ICT ini “Pertama itu dari prodi menawarkan siapa saja yang memenuhi kriteria untuk program ICT ini bisa mendaftar lalu setiap prodi maksimal mengirimkan 2 mahasiswa dan selanjutnya diseleksi oleh pihak KUI (Kantor Urusan Internasional). Setelah lolos seleksi, tanggal 28 juli 2021 pendaftaran online dengan berkas-berkas yang diminta seperti passport photo, recommendation letter, status letter, academic transcript, study plan essay, dan learning agreement. Sebelum proses pendaftaran, harus konsultasi ke prodi untuk department yang dituju dan mata kuliah yang akan diambil. Setelah proses pendaftaran, pihak UTM memberikan LoA (letter of acceptance), setelah itu proses registrasi mata kuliah yang diambil dibantu oleh head of faculty disana, dan arrange jadwal perkuliahan“.

        Berdasarkan hasil  wawancara dari tim WCW, Febyarna juga menceritakan perasaannya saat setelah terpilih untuk ikut program ICT bahwa “Excited sih, karena kan emang dari awal udah niat ingin ikut program internasional agar bisa punya international exposure waktu masih kuliah,  walaupun sempat gagal di IISMA (Indonesia International Student Mobility Awards), tapi ternyata rezekinya di ICT. Teman-teman di kelas juga supportif, jadi bikin enak proses pembelajarannya”.

       Kita patut bangga sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Di samping fakultasnya yang bagus, terdapat juga mahasiswa-mahasiswa berprestasi jebolan dari Fakultas Psikologi salah satunya adalah Febyarna Pasca Mayang Sety.  Maka dari itu, marilah kita menjadi mahasiswa yang tidak hanya kuliah lalu pulang begitu saja, akan tetapi jadilah mahasiswa yang berprestasi dan mampu mengembangkan potensi di dalam diri kita.

Salam Web Content Writer~

About the author: Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.